Tugu Siti Manggopoh tak Terawat


Padang Ekspres • Berita Ragam Info • Kamis, 15/08/2013 14:17 WIB 

Agam Pdek—HUT ke-64 RI ting­gal menghitung hari. Siti Mang­go­poh (1881-1965) adalah seorang pe­rempuan pejuang kemerdekaan dari Manggopoh Kabupaten Agam, yang berperan penting untuk me­le­­tak­kan pon­dosi kemerdekaan Indo­nesia pada zaman perjuangan dulu.

Dari penelusuran Padang Ek­spres Rabu (14/8) di Simpang Gudang Manggopoh terletak satu tugu yakni tugu penjuang Mandeh Siti Manggopoh, sebagi simbol untuk mengenang jasa beliau sebagai pejuang. Sayangnya ba­ngunan tugu tersebut sudah ditum­buhi semak. Meski begitu cat tugu Mandeh Siti terlihat begitu terang seperti baru dicat ulang.

Namun dalam pekarangan tamannya terlihat ditumbuhi se­mak dan hanya diberi racun rum­put saja, sehingga rumput yang tumbuh tersebut sudah menguning dan mati akibat dircun, mungkin saja cara untuk merawat tunggu pejuang Mandeh Siti hanya dengan cara demikian saja.

Tokoh masyarakat Manggopoh Syarial Bakri Syrif mengakui kon­disi kurang terawat taman atau tugu Mandeh tersebut.

“Memang melihat kondisi itu, sangat memiriskan hati kita semua. Tidak terawatnya pekarangan tunggu tersebut karena semua pihak kurang perhatian terhadap jasa para pahlawan,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan masyarakat Manggopoh Yeda Ya­nuar. “Hendaknya dinas terkait yang mengurus makam pahlawan atau tugu pahlawan mengaang­garkn sedikit biaya untuk pera­watan khususnya tugu Mandeh Siti Manggopoh. “Saya rasa tidak sebe­rapa biayanya untuk mem­ber­sihkan taman tersebut,”katanya.

Terpisah Sekkab Agam Syfir­man Aziz mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih de­ngan informasi tersebut. “Saya akan langsung perintahkan di­nas Sosial untuk menin­dak­lanjuti informasi ini,” katanya singkat.(y)
[ Red/Administrator ]

Template by:

Free Blog Templates