Konflik Internal Hukum Adat Suku Minangkabau

Oleh : Dr.H.K.Suheimi
Topik yang tak biasa saya geluti setiap hari, tapi saya disuruh juga oleh komnasham pusat pak saaf, entah kenapa pak saaf ini menunjuk saya sayapun tak tahu, kami belum pernah bertemu
Ada krisis adat yang menimbulkan konflik interna konflik dalam diri masing-masing. Ada ketidak sesuaian yang didengar dan yang dilihat/ Tak Ada ketidak sesuaian antara ajaran agama dan adat yang dianut 
 
Satu hal yang semua orang minang tahu ialah kaluak paku asam balimbiang, timpuruang lenggang-lenggangkan dibawok nak urang saruaso, anak dipangku kamanakan dibimbiang urang kampuang di patenggangkan, ditenggang nagari jan binaso. Anak dipangku dalam arti harfiahnyo sianak manyatu jo diri ayahnyo sacaro tunggal ko lari tabawo lari kok jatuah samo taraok patah sayok batungkek paruah nan anak digungguang juo, antah kok tanah lah tasirah itu bakato urang nan tingga. Ma'nanyo tangguang jawab mutlak jo Tuhan batumpua tagak, kemudian disampiang mamangku anak kamanakan dibimbiang pulo mambimbiang adolah manuntun tangan urang sambia bajalan makasuiknyo mangarahkan kan nan baiak mambawo kan nan bana manunjuakkan dima lauik nan sati rantau nan batuah. Nanti kalaulah tibo di jalan data kabuik tarang hujan lah taduah mako kamanakan dilapeh-lapehkan. 
 
Disuruah malangkah surang diiriangkan dari balakang dibari pituah dari jauah barangkali sistem iko adi parsamaannyo dengan semboyan pendidikan nasional kito yaitu tutwuri handayani. Kini anaklah dipangku kamanakan lah dibimbiang mako urang kampuangpun dipatenggangkan tenggang adolah kato-kato minang yang alah di Indonesiakan manuruik arti aslinyo iyolah kiro-kiro samo jo usaho perbuatan atau karia macam itu indak dapek batenggang arahnyo buntu sagalo usaho mampatenggangkan mambantu mananggulangi, tenggang raso pengertiannyo toleransi urang kampuang dipatenggangkan yaitu usah nak iduik surang, ciptakan pemerataan sosial hilangkan gep antaro sikayo jo si miskin supayo jan timbua keresahan, keresahan nan manjadi pangka bala gangguan kamtibmas. 
 
Kok tumbuah hak di lereang agak i tabiang jannyo runtuah bukik jan sampai kapanehan agiah lalu air nan tajun usah bak sudu-sudu di tapi jalan, dijambo kanai miangnyo dijuluak kanai gatahnyo, dipangek kanai durinyo, kasudahannyo diparuang dek urang lalu. Nah baa pulo caronyo manenggang nagari jan binaso, tanah sabingkahlah bapunyo, rumpuik sahalai lah bamiliak tapi malu nan alun babagi, rimbo dipancang untuak parah, rawang dipetak untuak sawah tapi alah bauntuak pandam lah batantu, tapi raso kepentingan basamo punyo urang sanagari, caro basuku tagak disuku caro banagari tahak di nagari kok malu diateh inyo dibaruah, takajuik dimudiak ditagamang dihilia mamak dipintu utang, kamanakan dipintu bayia. Oleh sebab itu indaklah mudah jadi urang minangko, sulik tangguang jawabnyo luas dan rumik. Baban yo barek gayuik bagayuik kapalo sarik bajujuangan bahu barisi kaduonyo suwok kida manjunjuang pulo. Tapi itulah resiko sebagai pemimpin. Pemimpin nan hatinyo tantang kapamimpinannyo ditanyo dek manusia nan dipimpin, ditanyo dek Allah nan mambari pimpinan sadonyo musti dipitangguangjawabkan kini ataupun isuak.
 
Di nagari urang inyo manamukan kembali miliaknyo nan lah hilang inyo mambangun rumah tanggo nan dirinyo sandiri jadi tuan nyo mancari jo badan surang ndak ado urang kamanaguanyo, ndak ado urang mangumando, nyo makan baranak-ranak, indak mintuo kamaupek atau pambayan kamanyindia di rantau ndak ado dunsanak kamausiak ndak ado kamanakan ka manggaduah kok tibo mamak jadi tamunyo hiduik bebas tanpa baso basi tanpa kato pamaniah nan mamuakan disikolah baru taraso jadi urang. Jadi pado hakikatnyo urang minang marantau adolah palarian marantau sebagai pernyataan protes terhadap struktur adat sistem masyarakat nan senjang yang panuah kamunafikan marantau adolah manifestasi dari pambarontakan dingin kapado aturan kaku aturan dirinyo sendiri ndak mampu marubahnyo dari dalam.
 
papatah nan mangatokan saciok bak ayam sadanciang bak basi mandapek samo baruntuang kaciciran samo marugi tibo di elok baimbauan tibodi buruk baambauan bukti lagi bahwa nagari lai bapatenggangkan banyak kamanakan, talalu banyak contoh-contoh nan manguatkan bahwa tabang gagak jo itamnyo bajalan urang minang jo adatnyo dimanopun bumi urang dipijak langik urang dijunjuang namun bumi jo langik minangkabau ndak kalupo
 
Ada dekonstruksi bangunan lama, tapi tak tampak bangunan baru yang akan di hunyi, sehingga ada efek samping yang sangat merugikan dari keraguan, lain pituah adat lain pula yang kenyataan lapangan tempat dia tinggal dan mencari kehidupan. Dia memasuki perubahan sikap dan cara hidup yang berbeda dengan adat yang dianutnya
 
Kita kehilangan identitas yang merupakan dasar kebersamaan Kita sama-sama menjalankan adat tak ada yang mau dikatakan tak beradat ini adalah pandangan hidup dan jalan hidup sebagai obor penerang siang di pakalang, malam di pabanta.. Dan penunujuk peta untuk menempuh hidup Adat tak hanya nilai tapi merupakan pijakkan dan cara pandang melihat dunia dan melihat diri
Kita pernah pecah dengan terjadinya perang rakyat ( perang paderi ) Sebab sebab terjadinya perlawanan rakyat:
 
Perselisihan antara kaum paderi dengan kaum adat. Karena ketidaksetujuan kaum adat terhadap penghapusan sebagian adat istiadat yang telah berakar di masyarakat
 
Perang yang berkepanjangan dan rakyat menderita oleh perang itu oleh karena perbedaan pandang kaum adat dan agama. Akhirnya muncul persatuan akibat perbedaan itu , melahirkan suatu kesepakatan yang disebut palakat sebuah plakat yang dikenal sebagai Piagam Bukit Marapalam "Adat bersandi syara'. Syara' ber sandi kitabullah. Syara' mangato adat makai". Artinya orang beradat adalah orang yang memakaikan atau menjalankan perintah agama dalam bentuk nyata, Jadi pembawa adat dan petugas adat pada hakikatnya adalah orang-orang yang melaksanakan dakwah bilhal. Tingkah laku perbuatan dan fiilnya adalah mencerminkan agama yang di peluknya dan akan mensegerakan perintah agamanya.
Plakat ini merupakan buah dari solidaritas antara adat dan agama yang merupakan sendi pemikiran pendahulu kita.
 
Ini merupakan dasar berpijak dan pandangan hidup orang minang yang beradat dan beragama . Apa yang telah dengan susah payah dan tak mudah pendahulu kita melahirkannya sekarang tampak mulai menyusut mengalami kemunduran dan menimbulkan kebimbangan dan terjadi konflik dalam diri sendiri.
 
Konflik internal ini meresahkan dan tak sedikit yang mencari. Dahulu dengan ABS-SBK, lahir pemimpin ug disegani diseantero Indonesia, apa gerangan?. Maka nilai positifnya orang kembali menggali sisi baik dari ABS-SBK.
 
Konflik berkepanjangan dan menguatnya gejala keretakan , serta kemerosotan moral dan kemerosotan kepemimpinan . Terlalu banyak yang berpura-pura, lain dihati lain yang di perbuat, kita kehilangan gravitasi tempat berpijak yang lama ditinggalkan yang baru belum ada ketetapan. Bila gravitasi hilang kita terlempar, terlempar kesana sini jadi hancur.
 
Dalam mengharungi kehidupan kita disingkirkan, menjadi orang pinggiran, serta miringnya pandangan orang pada kultur kita. Dikatakan Padang bengkok, licik, dalam duo tangah tigo, bajalan baduo ndak ditangah, onyok nan indak babarikan, angak angguak, geleng amuah, manohok kawan sairiang menguntiang dalam lipatan. Dalam manakua inyo manyonggeang. Kalau utang ka babai dima cadiak di latakkan.
Pada lahirnya saja ia patuh, namun di batinnya ia mela­Dalam manakua maningadah. Dalam menekur menengadah.
 
Pada lahirnya saja ia patuh, sebenarnya tidak.
 
"Conflict in paradise" Semua aturan pepatah petitih, sangatlah indahnya yang dilahirkan oleh pendahulu kita yang lahir dari cerdik pandai. Kita akui pendahulu kita adalah orang pilihan dan pintar terungkap dari susunan kata dan yang sangat indah. Bahasa menunjukkan. Bahasa kita tinggi dan kita berbangsa tinggi. Kita mengalami krisi jati diri krisis identitas. Kita pikir kita telah miliki dan kuasai , ternyata belum semuanya jalan sendiri-sendir. Inyo bak kato inyo aden bak nyano den. Dan pegangan agama yang kuat yang menunjukan jalan ke sorga, namun di tengah paradise ini ada konflik internal, sebab sering orang berbicara tak menyentuh inti permasalahan, terlalu banyak rede dan bunga-bunganya. Sudah masanya kita mengatakan itu, tak ada orang lain yang mau mengatakannya. Mudah-mudahan ini melahirkan kesadaran untuk menggali mutiara-mutiara yang tersimpan dalam ABS-SBK . Selama kita meninggalkan ABS-SBK yang diperjuangkan memalui tumpahan darah, sesuatu yang sangat agung dan dimuliakan, maka tempat bergantung dan tlah putus berpijak dan lah taban, kama badan kamanggapai lai.
 
ABS-SBK ini aturan hidup. Bila peraturan tak diimplementasikan dia jadi bangkai.
Banyak tatanan lama di tinggalkan, sebagai penggantinya yang baru belum ada.
ABS-SBK hilang wibawa dan makna tinggal gaungnya saja. Hilang kesadaran bahwa kita adalah satu. Identitas diri kita untuk bersatu
Kita mengalami krisis pada roh kehidupan.
 
Setelah didera berbagai krisis, kita tersadar ada sesuatu yang hilang, dan hari ini kita coba mencari yang hilang itu, yaitu kebersamaan lamak diawak katuju dek urang.
Kita sadar bahwa ABS-SBK telah menghantarkan kita untuk ber ilmu dan berakhlak mulia. Duduak samo randah tagak samo tinggi, saciok bak ayam sadanciang bak basi. Kalurah samo manurun, ka bukik samo mandaki. Tatungkuik samo makan tanahm tatilantang samo makan angin. Tapi kita teracuni oleh USDEK (Untuk Saya Dahulu Engkau Kemudian) Kita terlalu serakah
 
Kita sebaiknya mengembangkan keteladanan. Diperlukan keteladanan dan ketulusan , peran contoh identifikasi figure. Ada figure-figur yang akan di contoh dimana kerna menjalankan ABS-SBK dia berbahagia di dunia dan bahagia di akhirat.
 
Kita sampai pada titik balik sejarah setelah lama terombang ambing oleh kebimbangan dan dera kehidupan yang pahit
 
Ini merupakan Rahmat Allah, kepercayaan Allah inilah yang kita khianati
Home sick, stress tiap hari menyaksikan konflik melalui TV radio media masa selalu ada bentrokan karena ketidak adilan.
 
Gelisah dan resah dan keluh kesah itu sebetulnya sunnah Allah, karena manusia diciptakn demiakian, untuk menghilangkan iti kita diseur kembali pada Nya kembali pada jalannya yang lurus dan yang benar
Hari ini kita revitalisasi, pilih yang terbaik tinggalkan yang buruk sebagai cermin adat kita ini flexible.
Nah kita semua tahu akan akan Agaknya adat kita bukanlah adat yang kaku, tapi adalah adat yang fleksibel dapat menyesuaikan dengan keadaan. "Dimana tanah di pijak disana langit di junjung". Saya hanya berfikir-fikir, kenapa tak di beri kelonggaran dan alternatif.
 
Abih adat bakalirahan, abih cupak de buatan
Habis adat berkelerelaan, habis cupak karena buatan.
Bila sudah sepakat, adat istiaat (dibiasakan) boleh saja diabaikan.
 
Kenapa pendahulu kita dulu banyak yang berhasil dan jadi tokoh-tokoh Nasional agaknya mereka dulu di tempa mereka digodok di pusdiklat adat, apo pulo itu pusdiklat adat, pusdiklat iyolah surau mulai umua tujuah taun anak-anak minang diharuskan masuak ka pusat pendidikan dan latihan tadi sampai kamudian siap untuk diterjunkan ke masyarakat melalui pengawasan nan ketat mereka diasiangkan dari rumah makannyo indah buliah dikanyangkan laloknyo dipapan karajo bagobaloan moralnyo dididik jo agamo fisiknyo dilatiah basilek dan mentalnyo di aja pasambahan.
 
Ilmu adat termasuk kepada hukum positif (living law), yaitu hukum yang berlaku sekarang yang kebanyakan tidak tertulis, namun dipatuhi oleh rakyat Indonesia. Hukum adat merupakan hukum yang timbul dari penjelmaan dan kesadaran hukum rakyat yng tercemin di dalam UUD 1945, yang disebut dengan hukum dasar. Dengan demikian UUD 1945 merupakan UU sekaligus juga hukum dasar. Hampir sebagian besar hukum yang tertulis berasal dari eropa, yang bertujuan untuk terciptanya kepastian hukum. Namun pengaturan uatu masyarakat tidak hanya diberlakukan hukum tertulis, tetapi juga perlu hukum yang tidak tertulis yang dating dan berasal dari kepribadian bangsa Indonesia.
 
Hukum adat merupakan penjelmaan dari kepribadian bangsa Indonesia mempunyai corak yang berbeda dengan jiwa hukum barat Karena: 
 
- Bersifat komunal / kebersamaan
- Bersifat fleksibel / mudah menyesuiakan diri dengan perubahan yang terjadi
- Bersifat magis religius (keagamaan) transidental
- Agama, adat dan budaya mempunyai peran yang sangat penting
Hukum adat lebih dahulu berkembang di masyarakat Indonesia sebelum datangnya hukum agama dan hukum eropa. Pentingnya kita mempelajari hukum adat karena ini merupakan budaya leluhur bangsa.
Artinya kebiasaan suatu aturan muncul karena adanya tradisi yang dipatuhi dan ditaati secara turun temurun oleh masyarakat dan bagi setiap pelanggarannya dikenai sanksi
 
Hukum Adat adalah endapan kesusilaan dalam masyarakat
Hukum Adat adalah hukum yang tidak tertulis dalam peraturan-peratuan legislatif, meliputi aturan-aturan hidup meskipun tidak ditetapkan oleh yang berwajib tetapi ditaati oleh rakyat berdasarkan atas keyakinan bahwa peraturan tersebut mempunyai kekuatan hokum
Hukum Adat adalah sebagai peraturan hidup meskipun tidak diundangkan oleh penguasa tetapi dihormati dan ditaati oleh rakyat dengan keyakinan bahwa peraturan tersebut berlaku sebagai hokum
lemahnya peraturan tergantung pada factor:
 
seberapa jauh keadaan social masyarakat yang bersangkutan mengalami perubahan
Seberapa jauh peraturan yang diwujudkan itu selaras dengan system adat yang berlaku. Seberapa jauh peraturan itu selaras dengan syarat-syarat kemanusian
Itulah sumbangan saya tolong ditambahi, sudah lama kita merdeka dan di beri kebebasan tapi ndak maju-majunya
Padang 23 Mai 2007

Template by:

Free Blog Templates