Oleh : Dr.H.K.Suheimi
Topik
yang tak biasa saya geluti setiap hari, tapi saya disuruh juga oleh
komnasham pusat pak saaf, entah kenapa pak saaf ini menunjuk saya
sayapun tak tahu, kami belum pernah bertemu
Ada krisis adat yang menimbulkan konflik interna konflik dalam diri masing-masing. Ada ketidak sesuaian yang didengar dan yang dilihat/ Tak Ada ketidak sesuaian antara ajaran agama dan adat yang dianut
Satu hal yang semua orang minang tahu ialah kaluak
paku asam balimbiang, timpuruang lenggang-lenggangkan dibawok nak urang
saruaso, anak dipangku kamanakan dibimbiang urang kampuang di
patenggangkan, ditenggang nagari jan binaso. Anak dipangku dalam arti
harfiahnyo sianak manyatu jo diri ayahnyo sacaro tunggal
ko lari tabawo lari kok jatuah samo taraok patah sayok batungkek paruah
nan anak digungguang juo, antah kok tanah lah tasirah itu bakato urang
nan tingga. Ma'nanyo tangguang jawab mutlak jo Tuhan batumpua tagak,
kemudian disampiang mamangku anak kamanakan dibimbiang pulo mambimbiang
adolah manuntun tangan urang sambia bajalan makasuiknyo mangarahkan kan nan baiak mambawo kan
nan bana manunjuakkan dima lauik nan sati rantau nan batuah. Nanti
kalaulah tibo di jalan data kabuik tarang hujan lah taduah mako
kamanakan dilapeh-lapehkan.
Disuruah malangkah surang diiriangkan dari
balakang dibari pituah dari jauah barangkali sistem iko adi parsamaannyo
dengan semboyan pendidikan nasional kito yaitu tutwuri handayani. Kini
anaklah dipangku kamanakan lah dibimbiang mako urang kampuangpun
dipatenggangkan tenggang adolah kato-kato minang yang alah di
Indonesiakan manuruik arti aslinyo iyolah kiro-kiro samo jo usaho
perbuatan atau karia macam itu indak dapek batenggang arahnyo buntu
sagalo usaho mampatenggangkan mambantu mananggulangi, tenggang raso
pengertiannyo toleransi urang kampuang dipatenggangkan yaitu usah nak
iduik surang, ciptakan pemerataan sosial hilangkan gep antaro sikayo jo
si miskin supayo jan timbua keresahan, keresahan nan manjadi pangka bala
gangguan kamtibmas.
Kok tumbuah hak di lereang agak i tabiang jannyo
runtuah bukik jan sampai kapanehan agiah lalu air nan tajun usah bak
sudu-sudu di tapi jalan, dijambo kanai miangnyo dijuluak kanai gatahnyo,
dipangek kanai durinyo, kasudahannyo diparuang dek urang lalu. Nah baa
pulo caronyo manenggang nagari jan binaso, tanah sabingkahlah bapunyo,
rumpuik sahalai lah bamiliak tapi malu nan alun babagi, rimbo dipancang
untuak parah, rawang dipetak untuak sawah tapi alah bauntuak pandam lah
batantu, tapi raso kepentingan basamo punyo urang sanagari, caro basuku
tagak disuku caro banagari tahak di nagari kok malu diateh inyo
dibaruah, takajuik dimudiak ditagamang dihilia mamak dipintu utang,
kamanakan dipintu bayia. Oleh sebab itu indaklah mudah jadi urang
minangko, sulik tangguang jawabnyo luas dan rumik. Baban yo barek gayuik
bagayuik kapalo sarik bajujuangan bahu barisi kaduonyo suwok kida
manjunjuang pulo. Tapi itulah resiko sebagai pemimpin. Pemimpin nan
hatinyo tantang kapamimpinannyo ditanyo dek manusia nan dipimpin,
ditanyo dek Allah nan mambari pimpinan sadonyo musti
dipitangguangjawabkan kini ataupun isuak.
Di
nagari urang inyo manamukan kembali miliaknyo nan lah hilang inyo
mambangun rumah tanggo nan dirinyo sandiri jadi tuan nyo mancari jo
badan surang ndak ado urang kamanaguanyo, ndak ado urang mangumando, nyo
makan baranak-ranak, indak mintuo kamaupek atau pambayan kamanyindia di
rantau ndak ado dunsanak kamausiak ndak ado kamanakan ka manggaduah kok
tibo mamak jadi tamunyo hiduik bebas tanpa baso basi tanpa kato
pamaniah nan mamuakan disikolah baru taraso jadi urang. Jadi pado
hakikatnyo urang minang marantau adolah palarian marantau sebagai
pernyataan protes terhadap struktur adat sistem masyarakat nan senjang
yang panuah kamunafikan marantau adolah manifestasi dari pambarontakan
dingin kapado aturan kaku aturan dirinyo sendiri ndak mampu marubahnyo
dari dalam.
papatah
nan mangatokan saciok bak ayam sadanciang bak basi mandapek samo
baruntuang kaciciran samo marugi tibo di elok baimbauan tibodi buruk
baambauan bukti lagi bahwa nagari lai bapatenggangkan banyak kamanakan,
talalu banyak contoh-contoh nan manguatkan bahwa tabang gagak jo itamnyo
bajalan urang minang jo adatnyo dimanopun bumi urang dipijak langik
urang dijunjuang namun bumi jo langik minangkabau ndak kalupo
Ada
dekonstruksi bangunan lama, tapi tak tampak bangunan baru yang akan di
hunyi, sehingga ada efek samping yang sangat merugikan dari keraguan,
lain pituah adat lain pula yang kenyataan lapangan tempat dia tinggal
dan mencari kehidupan. Dia memasuki perubahan sikap dan cara hidup yang
berbeda dengan adat yang dianutnya
Kita kehilangan identitas yang merupakan dasar kebersamaan Kita
sama-sama menjalankan adat tak ada yang mau dikatakan tak beradat ini
adalah pandangan hidup dan jalan hidup sebagai obor penerang siang di
pakalang, malam di pabanta.. Dan penunujuk peta untuk menempuh hidup Adat tak hanya nilai tapi merupakan pijakkan dan cara pandang melihat dunia dan melihat diri
Perselisihan
antara kaum paderi dengan kaum adat. Karena ketidaksetujuan kaum adat
terhadap penghapusan sebagian adat istiadat yang telah berakar di
masyarakat
Perang yang berkepanjangan dan rakyat menderita oleh perang itu oleh
karena perbedaan pandang kaum adat dan agama. Akhirnya muncul persatuan
akibat perbedaan itu , melahirkan suatu kesepakatan yang disebut palakat
sebuah plakat yang dikenal sebagai Piagam Bukit
Marapalam "Adat bersandi syara'. Syara' ber sandi kitabullah. Syara'
mangato adat makai". Artinya orang beradat adalah orang yang memakaikan
atau menjalankan perintah agama dalam bentuk nyata, Jadi pembawa adat
dan petugas adat pada hakikatnya adalah orang-orang yang melaksanakan
dakwah bilhal. Tingkah laku perbuatan dan fiilnya adalah mencerminkan
agama yang di peluknya dan akan mensegerakan perintah agamanya.
Plakat ini merupakan buah dari solidaritas antara adat dan agama yang merupakan sendi pemikiran pendahulu kita.
Ini
merupakan dasar berpijak dan pandangan hidup orang minang yang beradat
dan beragama . Apa yang telah dengan susah payah dan tak mudah pendahulu
kita melahirkannya sekarang tampak mulai menyusut mengalami kemunduran dan menimbulkan kebimbangan dan terjadi konflik dalam diri sendiri.
Konflik internal ini meresahkan dan
tak sedikit yang mencari. Dahulu dengan ABS-SBK, lahir pemimpin ug
disegani diseantero Indonesia, apa gerangan?. Maka nilai positifnya
orang kembali menggali sisi baik dari ABS-SBK.
Konflik
berkepanjangan dan menguatnya gejala keretakan , serta kemerosotan
moral dan kemerosotan kepemimpinan . Terlalu banyak yang berpura-pura,
lain dihati lain yang di perbuat, kita kehilangan gravitasi tempat berpijak yang lama ditinggalkan yang baru belum ada ketetapan. Bila gravitasi hilang kita terlempar, terlempar kesana sini jadi hancur.
Dalam mengharungi kehidupan kita
disingkirkan, menjadi orang pinggiran, serta miringnya pandangan orang
pada kultur kita. Dikatakan Padang bengkok, licik, dalam duo tangah
tigo, bajalan baduo ndak ditangah, onyok nan indak babarikan, angak
angguak, geleng amuah, manohok kawan sairiang menguntiang dalam lipatan.
Dalam manakua inyo manyonggeang. Kalau utang ka babai dima cadiak di latakkan.
Pada lahirnya saja ia patuh, namun di batinnya ia melaDalam manakua maningadah. Dalam menekur menengadah.
Pada lahirnya saja ia patuh, sebenarnya tidak.
"Conflict
in paradise" Semua aturan pepatah petitih, sangatlah indahnya yang
dilahirkan oleh pendahulu kita yang lahir dari cerdik pandai. Kita akui
pendahulu kita adalah orang pilihan dan pintar terungkap dari susunan
kata dan yang sangat indah. Bahasa menunjukkan. Bahasa kita tinggi dan
kita berbangsa tinggi. Kita mengalami krisi jati diri krisis identitas.
Kita pikir kita telah miliki dan kuasai , ternyata belum semuanya jalan
sendiri-sendir. Inyo bak kato inyo aden bak nyano den. Dan pegangan agama yang kuat yang menunjukan jalan ke sorga,
namun di tengah paradise ini ada konflik internal, sebab sering orang
berbicara tak menyentuh inti permasalahan, terlalu banyak rede dan
bunga-bunganya. Sudah masanya kita mengatakan itu, tak ada orang lain
yang mau mengatakannya. Mudah-mudahan ini melahirkan kesadaran untuk
menggali mutiara-mutiara yang tersimpan dalam ABS-SBK . Selama kita
meninggalkan ABS-SBK yang diperjuangkan memalui tumpahan darah, sesuatu
yang sangat agung dan dimuliakan, maka tempat bergantung dan tlah putus
berpijak dan lah taban, kama badan kamanggapai lai.
ABS-SBK ini aturan hidup. Bila peraturan tak diimplementasikan dia jadi bangkai.
Banyak tatanan lama di tinggalkan, sebagai penggantinya yang baru belum ada.
ABS-SBK
hilang wibawa dan makna tinggal gaungnya saja. Hilang kesadaran bahwa
kita adalah satu. Identitas diri kita untuk bersatu
Kita mengalami krisis pada roh kehidupan.
Setelah
didera berbagai krisis, kita tersadar ada sesuatu yang hilang, dan hari
ini kita coba mencari yang hilang itu, yaitu kebersamaan lamak diawak katuju dek urang.
Kita
sadar bahwa ABS-SBK telah menghantarkan kita untuk ber ilmu dan
berakhlak mulia. Duduak samo randah tagak samo tinggi, saciok bak ayam
sadanciang bak basi. Kalurah samo manurun, ka bukik samo mandaki.
Tatungkuik samo makan tanahm tatilantang samo makan angin. Tapi kita
teracuni oleh USDEK (Untuk Saya Dahulu Engkau Kemudian) Kita terlalu
serakah
Kita sebaiknya mengembangkan keteladanan. Diperlukan keteladanan dan ketulusan , peran contoh identifikasi figure. Ada figure-figur yang akan di contoh dimana kerna menjalankan ABS-SBK dia berbahagia di dunia dan bahagia di akhirat.
Kita sampai pada titik balik sejarah setelah lama terombang ambing oleh kebimbangan dan dera kehidupan yang pahit
Ini merupakan Rahmat Allah, kepercayaan Allah inilah yang kita khianati
Home sick, stress tiap hari menyaksikan konflik melalui TV radio media masa selalu ada bentrokan karena ketidak adilan.
Gelisah
dan resah dan keluh kesah itu sebetulnya sunnah Allah, karena manusia
diciptakn demiakian, untuk menghilangkan iti kita diseur kembali pada
Nya kembali pada jalannya yang lurus dan yang benar
Hari ini kita revitalisasi, pilih yang terbaik tinggalkan yang buruk sebagai cermin adat kita ini flexible.
Nah
kita semua tahu akan akan Agaknya adat kita bukanlah adat yang kaku,
tapi adalah adat yang fleksibel dapat menyesuaikan dengan keadaan.
"Dimana tanah di pijak disana langit di junjung". Saya hanya
berfikir-fikir, kenapa tak di beri kelonggaran dan alternatif.
Abih adat bakalirahan, abih cupak de buatan
Habis adat berkelerelaan, habis cupak karena buatan.
Bila sudah sepakat, adat istiaat (dibiasakan) boleh saja diabaikan.
Kenapa
pendahulu kita dulu banyak yang berhasil dan jadi tokoh-tokoh Nasional
agaknya mereka dulu di tempa mereka digodok di pusdiklat adat, apo pulo
itu pusdiklat adat, pusdiklat iyolah surau mulai umua
tujuah taun anak-anak minang diharuskan masuak ka pusat pendidikan dan
latihan tadi sampai kamudian siap untuk diterjunkan ke masyarakat
melalui pengawasan nan ketat mereka diasiangkan dari rumah makannyo
indah buliah dikanyangkan laloknyo dipapan karajo bagobaloan moralnyo
dididik jo agamo fisiknyo dilatiah basilek dan mentalnyo di aja
pasambahan.
Ilmu
adat termasuk kepada hukum positif (living law), yaitu hukum yang
berlaku sekarang yang kebanyakan tidak tertulis, namun dipatuhi oleh
rakyat Indonesia. Hukum adat merupakan hukum
yang timbul dari penjelmaan dan kesadaran hukum rakyat yng tercemin di
dalam UUD 1945, yang disebut dengan hukum dasar. Dengan demikian UUD
1945 merupakan UU sekaligus juga hukum dasar. Hampir sebagian besar
hukum yang tertulis berasal dari eropa, yang bertujuan untuk terciptanya
kepastian hukum. Namun pengaturan uatu masyarakat tidak hanya
diberlakukan hukum tertulis, tetapi juga perlu hukum yang tidak tertulis
yang dating dan berasal dari kepribadian bangsa Indonesia.
Hukum adat merupakan penjelmaan dari kepribadian bangsa Indonesia mempunyai corak yang berbeda dengan jiwa hukum barat Karena:
- Bersifat komunal / kebersamaan
- Bersifat fleksibel / mudah menyesuiakan diri dengan perubahan yang terjadi
- Bersifat magis religius (keagamaan) transidental
- Agama, adat dan budaya mempunyai peran yang sangat penting
Hukum
adat lebih dahulu berkembang di masyarakat Indonesia sebelum datangnya
hukum agama dan hukum eropa. Pentingnya kita mempelajari hukum adat
karena ini merupakan budaya leluhur bangsa.
Artinya
kebiasaan suatu aturan muncul karena adanya tradisi yang dipatuhi dan
ditaati secara turun temurun oleh masyarakat dan bagi setiap
pelanggarannya dikenai sanksi
Hukum Adat adalah endapan kesusilaan dalam masyarakat
Hukum
Adat adalah hukum yang tidak tertulis dalam peraturan-peratuan
legislatif, meliputi aturan-aturan hidup meskipun tidak ditetapkan oleh
yang berwajib tetapi ditaati oleh rakyat berdasarkan atas keyakinan
bahwa peraturan tersebut mempunyai kekuatan hokum
Hukum
Adat adalah sebagai peraturan hidup meskipun tidak diundangkan oleh
penguasa tetapi dihormati dan ditaati oleh rakyat dengan keyakinan bahwa
peraturan tersebut berlaku sebagai hokum
lemahnya peraturan tergantung pada factor:
seberapa jauh keadaan social masyarakat yang bersangkutan mengalami perubahan
Seberapa
jauh peraturan yang diwujudkan itu selaras dengan system adat yang
berlaku. Seberapa jauh peraturan itu selaras dengan syarat-syarat
kemanusian
Itulah sumbangan saya tolong ditambahi, sudah lama kita merdeka dan di beri kebebasan tapi ndak maju-majunya
Padang 23 Mai 2007