Berita Akhir Tahun 2011 Manggopoh


Bupati Kuliahi Petani

Padang Ekspres • Berita Pemerintahan • Kamis, 10/11/2011 12:42 WIB • (mg7) • 61 klik

Agam, Padek—Bupati Agam Indra Catri memberikan kuliah umum kepada kelompok tani Kerja Bersama Padang Tongga, Nagari Manggopoh Rabu (9/11). Materinya menyangkut cara penerapan Sambung Samping Gerakan Nasional (Gernas) kakao yang baik dan memilih bibit yang unggul.

Bupati menerangkan bagaimana bercocok tanam yang baik. Sebab hal itu paling penting diperhatikan, selain bibit yang unggul, karena 60 persen keberhasilan petani adalah karena bibit.

Kuliah yang diadakan oleh kelompok tani di dalam kebun kakao milik anggota Keltan Kerja Bersama seluas 13,18 hektar itu dihadiri kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Yulnasri beserta jajarannya dan Dinas Pertanian dan Perternakan, pembinaan yang dilakukan saat pembukaan perdana sambung samping gernas kakao yang diikuti oleh anggota kelompok tani.

Menurut ketua Kelompok Tani Kerja Bersama, Bagindo Junas, mereka telah melakukan sambung pucuk kakao sedikitnya 13,18 hektare pohon pada 2011. ”Pengembangan metode sambung pucuk ini perlu digalakkan karena ternyata hasilnya mampu meningkatkan produksi kakao,” katanya. Ia mengatakan, metode sambung pucuk yang dikembangkan petani di Padangtongga ini  tahan terhadap hama dan penyakit yang selama ini menjadi ancaman petani kakao.


Target 13,18 hektare, kata dia, masih dapat bertambah hingga 300.000 lagi untuk kebutuhan di Jorong Padangtongga sesuai dengan potensi pengembangan kakao. Tidak semua Jorong harus mengembangkan tanaman kakao karena beberapa jorong  juga memiliki potensi unggulan yang lain. (mg7)

[ Red/Redaksi_ILS ] http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=16579

*****

Agam Manggopoh di Landa Banjir

Tiga Jembatan Ambruk Kubu Anau Terparah

Padang Ekspres  Berita Peristiwa  Senin, 28/11/2011 - 15:01 WIB  RPG  184 klik

Banjir kembali menerjang tiga jembatan di Nagari Manggopoh kecamatan Lubuk Basung Agam, Minggu (27/11) dinihari  menyebabkan warga stempat terisolasi.

Camat Lubuk Basung Rahmat Laksmono menyebutkan, hujan deras terjadi mulai dari Minggu sero kemarin sampai menjelang Subuh Senin (28/11), menyebabkan banjir di tiga titik di Jorong Pasar Durian Manggopoh, Simpang Lubuak Panji, dan Kurao, air sampai maik ke badan hingga ketinggian setengah meter di  jalan lintas Lubuk Basung-Padang dan Senin pagi sudah mulai meyusut, serta merendam lading serta sawah milik masyarakat,” data sementara lebih kurang 20 hektar ladang jagung direndam banjir,” katanya.

Terputusnya jembatan satu buah di jorong Kubu Anau dan dua buah jembatan di jorong Manggopoh utara, kata Rahmat, mengakibatkan lumpuh total kerana jalan tidak bisa dilalui terdi di Jorong Kubu Anau denganpanjang kembatan lima meter dengan lebarnya tiga meter, dengan kondisi batas pondasi jembatan dengan aspal jalan ambruk sehingga jelan tidak bisa dilewati warga, dan jalan alter natifpun tidak ada, warga pengguna jalan terpaksa melalui sungai untuk meyebrang, saat ini air sungai sudah menyusut semoga hujan tidak turun lagi dengan lebat,” katanya.

Saat ini, warga setempat akhir melakukan gotong royong membuat jembatan darurat di Kubu Anau, dengan bahan kayu pohon kelapa, dengan upaya jembatan darurat yang bisa dilewati untuk sementara, kerena bekas jembatan yang ambruk tidak terseret oleh air hanya ambruk saja.

Bagi warga yang berada di Kurao Ujuang, lebih kurang ada 20 kepala keluarga, kita telah minta agar warga meninggalkan rumah podok di lading tersebut tidak ditempatkan sementara sampai air menyusut, agar dapat menunggu air menyusut di masjid,”untuk warga tersebut kita telah membantu nasi bungkus untuk makan mejelang air kebali menyusut, saat ini hujan sudah mulai reda dan warga pun sampai sore nanti akan bisa kembali kerumahnya,” sebut Rahmat.(*)

[ Red/Husnal Hayati ]

http://padang-today.com/?mod=berita&today=detil&id=33109

*****

Bantu Korban Banjir

Padang Ekspres • Jumat, 02/12/2011 13:46 WIB • (mg7) • 21 klik

Pemkab memberikan bantuan beras sebanyak satu ton untuk warga korban banjir di Kenagarian Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung, Senin (28/11) lalu. Bantuan ini diserahkan langsung Kasi Bina Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Yusrizal memberikan langsung kepada warga setempat.

Kabag Humas Agam Monisfar mengatakan, bantuan beras itu akan diserahkan kepada warga yang berada di Jorong Kubu Anau, Pasar Durian dan Kurao Kenagarian Manggopoh Kecamatan Lubukbasung, khusus kepada warga yang tertimpa bencana banjir.

Menurutnya, bantuan yang diserahkan itu dapat meringankan beban warga yang mana rumahnya terendam air setinggi satu meter. Saat ini, air sudah mulai susut. Warga juga mulai membersihkan rumah dari lumpur.

Pihaknya mengimbau kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan apabila curah hujan tinggi, karena daerah ini merupakan rawan banjir yang disebabkan meluapnya Batang Masang dan Batang Antokan.

Di lain sisi, Monisfar menyebutkan Pemkab Agam komit dalam pelaksanaan normalisasi Sungai Batang Antokan. “Itu tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kita bakan upayakan menggaet dana  provinsi dan pusat untuk normalisasi,” ujarnya. (mg7)

[ Red/Redaksi_ILS ]

http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=18128

Template by:

Free Blog Templates