Al-qur'an Terkecil di Dunia

Inilah Alquran terkecil di dunia, bentuknya yang mungil membuat rekor dunia. Jika Pondok Pesantren Al-Shriyyah Nurul Iman Parung memiliki Alquran raksasa berukuran 2 x 2,8 meter, seorang pria Lebanon memiliki versi terkecil, hanya 2,4 x 1,9 sentimeter.

Alquran mungil milik Hassan Abed Rabbo itu hanya seukuran ujung jempol tangan jika dipegang. Kitab suci itu terdiri 604 halaman berhias tinta emas. Hassan mengaku mewarisi kitab suci itu dari neneknya, yang diklaim berasal dari era Kekaisaran Ottoman.

Meski terlihat sangat mungil, tapi itu bukan yang terkecil di dunia. Guinness Book of World Records telah mendokumentasikan Alquran dengan ukuran lebih kecil yakni 1,7 x 1,28 sentimeter milik warga Pakistan, Muhammad Karim Beebani.


Meski bukan yang terkecil, Alquran milik Rabbo dianggap memiliki nilai seni dan sejarah yang sangat tinggi. Apalagi kitab suci milik Rabbo ditulis langsung dengan tangan, bukan cetakan mesin seperti yang terdokumentasi di Guinness Book of World Records.

Sementara Alquran raksasa yang ada di Parung merupakan hibah dari Moro Filipina. Alquran ini terdiri dari 30 juz, 6,666 ayat dan 114 surat berupa tulisan tangan yang terukir di atas pelepah pohon pisang bukan, bukan kertas.

Disebut terbesar di dunia karena tidak ada lagi negara yang sanggup membuat Alquran sebesar ini, selain Filipina. Di Pakistan ada Alquran panjangnya 2 meter tapi dibuat dengan cetakan.

vivanews

Template by:

Free Blog Templates