Ketahui Penyakit Otak Lewat Hidung

Informasi ganguan pada otak terekam dalam sel punca hidung seseorang

Hidayatullah.com --Sel punca olfactory yang diambil dari hidung pasien, dapat memberikan informasi penting tentang gangguan pada otak seperti schizophrenia.

Tim peneliti dari Universitas Griffith berhasil mengembangkan tehnik baru untuk mengetahui penyakit otak yang diderita pasien lewat sel punca hidungnya.



Alan Mackay-Sim dari National Center for Adult Stem Cell Research di Universitas Griffith menyebutnya sebagai sebuah tonggak prestasi, karena sulit untuk mengetahui penyakit otak dengan cara mengambil sampel sel punca otak pasien. Kesulitan itu menyebabkan perkembangan pengobatan untuk penyakit otak terhambat.

Menurut jurnal Disease Models and Mechanism, sel punca olfactory memiliki banyak keunggulan dibanding sel punca lain untuk mencari petunjuk tentang penyakit otak.
"Sel itu bisa didapat dari hidung pasien lewat biopsi sederhana dan selnya memberikan informasi penting tentang perkembangan dan penyakit degeneratif otak," lapor jurnal tersebut.

"Untuk masalah penyakit otak, para peneliti (selama ini) mengandalkan sel yang diambil dari bagian tubuh lain yang memberikan gambaran kurang penting tentang penyakit otak, serta sel dari sampel otak pascakematian yang jumlahnya terbatas dan hanya memberikan informasi akhir penyakit saja."

Tim peneliti Mackay-Sim mengambil sel punca olfactory dari pasien penderita schizophrenia dan Parkinson lalu membandingkannya dengan sel punca milik orang sehat.

Dari perbandingan itu akan terlihat perbedaan khusus dalam gen, protein dan fungsi sel pada pasien penderita penyakit otak. Informsasi tentang kondisi syaraf juga bisa diketahui dari sana, sehingga bisa digunakan untuk pengembangan obat baru.

Schizophrenia adalah penyakit mental seumur hidup yang diderita oleh 1% orang di dunia, sementara Parkinson adalah penyakit degeneratif syaraf yang diderita oleh 0,1% warga dunia.[di/klj/ hidayatullah.com]

Template by:

Free Blog Templates